Deddy Sitorus dan Kemenkop & UKM Gelar Solialisasi UMKM

0

TARAKAN – Indonesia termasuk negara beruntung. Disaat ekonomi global sedang carut-marut, ekonomi berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sedang tumbuh. Agar makin memperkuat posisi UMKM Jumat (16/7) Di ruang serbaguna Pemkot Tarakan, digelar sosialisasi. Sosialisasi ini juga digagas Anggota DPR RI Deddy Sitorus bersama Kementrian Koperasi dan UKM.

“Sosialisasi ini berupaya untuk pemberdayaan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah. Dimana saat ini jumlahnya yang cukup besar. Terutama usaha mikro yang masih mendominasi struktur dunia usaha di Indonesia,” ujar Eviyanti Nasution, SH,MM Asdep Fasilitasi Hukum dan Konsultasi Usaha Kementrikan Koperasi dan UKM.

Sosialisasi ini diikuti 100 orang pengusaha mikor, kecil dan menengah Kota Tarakan. Hadir pula Walikota Tarakan dr Khairul.

Sosialisasi ini dibagi dalam tiga sesi. Pertama materi disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tarakan Untung Prayitno.

Menurut Untung perkembangan usaha kecil di Tarakan cukup pesat. Namun kendala yang dihadapi adalah persoalan modal.

Nah, terkait dengan pembiayaan, panitia sosialisasi juga menghadirkan pihak perbankan. Dalam hal ini Bank BTN.

Begitu pula masalah hukum yang kerap dihadapi para pengusaha UMKM. Untuk masalah ini, panitia menghadirkan Dewi Kepala Bidang Konsultasi Usaha dari Kementerian Koperasi dan UKM, Kementrian Koperasi dan UKM.

Seluruh peserta terlihat antusias mengikuti sosialisasi ini. “Saya ini cuma pengusaha kuliner kecil. Sosialisasi ini bisa menambah ilmu dan jaringan. Makanya saya hadir,” ujar Salihastati.

Sementara itu, Deddy Sitorus berharap UMKM dapat menjadi penyangga ekonomi pasca pandemi.

“Saya gembira. Terutama di Tarakan. Kota ini mulai tumbuh. Saya komitmen terus mendorong pengembangan UMKM. Salah satunya sosialisasi ini,” ujar Deddy. (pai)

Share.

Leave A Reply