Izin Rute Penerbangan Xpress Air Berproses

0

TANJUNG SELOR – Maskapai penerbangan Xpress Air berencana untuk membuka rute penerbangan ke Kalimantan Utara (Kaltara). Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mengatakan, maskapai yang saat ini melayani rute penerbangan di wilayah timur Indonesia itu menjanjikan akan beroperasi di Kaltara pada 1 November 2017.

Namun, lantaran masih menunggu izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), hingga saat ini Xpress Air belum bisa melayani rute ke Kaltara sesuai yang dijanjikan. “Saat ini, izinnya masih berproses di Kemenhub. Karena itu, kita tunggu saja kabar baik dari maskapai terkait, sehingga Xpress Air dapat membuka rute penerbangan ke Kaltara,” ujar Irianto saat ditemui Jumat (4/11) lalu.

Xpress Air sebutnya, sedang mencari pesawat yang cocok untuk dioperasikan di Kaltara. Dari situs perusahaan, diketahui, maskapai ini memiliki 16 unit pesawat. Beberapa di antaranya, cocok untuk bandar udara (Bandara) dengan landasan pacu sedang. Salah satunya, jenis Dornier 328-100.

Irianto berharap, Kemenhub segera menunjuk maskapai untuk melayani pergerakan penumpang dan barang di Kaltara, semenjak berhentinya operasional pesawat milik maskapai Kalstar Aviation.

Selain Xpress Air yang siap mendarati Bandara Tanjung Harapan Tanjung Selor, Garuda melalui pesawat Boombardier juga direncanakan masuk ke ibukota Provinsi Kaltara itu. Permintaan pihak Garuda agar dipasang lampu sebagai rambu di sepanjang runway, telah dipenuhi. Sejak beberapa hari ini, Bandara Tanjung Harapan sudah terang saat malam hari. “Untuk Garuda masih tahap penjajakan. Kemungkinan baru tahun depan, karena permintaannya panjang runway 2.000 meter,” kata Irianto. Selain Garuda, maskapai lainnya, yakni Sriwijaya juga berencana masuk. Bahkan maskapai ini sudah melakukan survei ke bandara.(humas/kraya)

Share.

About Author

Leave A Reply