AJI Samarinda Minta Perusahaan Pers di Kaltim Bayar THR Jurnalis Paling Lambat 7 Hari Sebelum Idul fitri

0

SAMARINDA – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Samarinda mendesak perusahaan pers yang ada di Kaltim membayar Tunjangan Hari Raya (THR) bagi jurnalis juga pekerja dalam unit kerja lainnya, paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriyah.

Ini disampaikan oleh Ketua AJI Samarinda Nofiatul Chalima, Jumat (30/4/2021) siang tadi. Menurutnya, setiap perusahaan pers memiliki kewajiban untuk memberikan THR kepada jurnalis.

Hal itu merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36/2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri (Permen) Ketenagakerjaan Nomor 6/2016 tentang THR Keagamaan. Apabila kewajiban itu tak dipenuhi, maka perusahaan pers dikenakan sanksi denda dan administrasi.

“Didenda 5 persen dari total jumlah THR keagamaan yang diberikan, apabila telat membayar. Sementara sanksi adminitrasi ketika perusahaan pers tak memberi THR,” ungkapnya.

Kordiv Advokasi dan Ketenagakerjaan AJI Samarinda, Zakarias Demon Daton menambahkan. Ia menghimbau kepada para jurnalis, apabila hak THR diabaikan perusahaan pers, maka pihaknya membuka posko pengaduan untuk dilakukan pendampingan atau advokasi lebih lanjut.

“Jika membutuhkan, bisa langsung kontak posko pengaduan: 0813 4830 0825/0853 5000 4302,” tuturnya.

Selain itu, merujuk Surat Edaran (SE) Dewan Pers Nomor 01/DP/K/IV/2021, ia juga menghimbau kepada semua pihak, baik kalangan pemerintah maupun swasta, untuk menolak dan melaporkan, apabila terdapat oknum wartawan atau yang mengatasnamakan wartawan, organisasi wartawan, perusahaan pers, atau organisasi perusahaan pers. “Kalau ada yang meminta THR atau sumbangan dalam bentuk apapun. Tidak diperbolehkan,” tuturnya.

Diketahui, ketentuan besaran THR sesuai Permen Nomor 6/2016 tentang THR Keagamaan yakni, Jurnalis yang menerima THR satu bulan upah, apabila punya masa kerja sudah 12 bulan secara terus menerus. Kemudian, apabila masa kerja Jurnalis kurang dari 12 bulan, maka dihitung berdasarkan masa kerja dibagi 12 dikali besaran upah sebulan.

Share.

About Author

Leave A Reply