M Udin Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan : Pengokohan Eksistensi Bangsa

0

SAMARINDA – Anggota Komisi I DPRD Kaltim M Udin menerangkan Pancasila merupakan tatanan dasar untuk mengatur kehidupan sehari-hari. Di dalam Pancasila terdapat nilai-nilai yang terkandung diantaranya kerohanian, kemanusiaan, persatuan dan kesatuan, musyawarah dan demokrasi, serta tatanan kehidupan sosial yang adil dan beradab.

Melihat pentingnya implementasi nilai Pancasila dalam berkehidupan, M Udin akhirnya melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan karena menganggap hal ini penting guna bentuk pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu, berdaya saing, serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap tanah air.

“Dengan mengamalkan pemahaman kita terhadap wawasan kebangsaan, akan dapat terwujud kehidupan masyarakat yang rukun, damai, solid dan harmonis demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap Udin saat menyosialisasikan wawasan kebangsaan di Kampung Jengan, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, Kabupaten Kutai Barat, Selasa (29/11/2022).

Politikus muda Golkar ini menyebut dilakukannya kegiatan ini sejatinya untuk meningkatkan pemahaman kepada elemen bangsa serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya untuk kehidupan bermasyarakat, berbagsa dan bernegara.

Dulu dikatakan Udin, bahwa sebagai gerakan Nasional untuk membentuk sebuah karakter bangsa ini agar tidak bertentangan dengan filosofi produk – produk hukum ada yang namanya P4. Sehingga, dengan P4 dapat membentuk masyarakat taat hukum, berkelakuan baik, bertoleransi dan saling menghormati sesama sebagai warga bangsa.

“Namun, setelah gerakan P4 tersebut tidak ada, sesuai perkembangan jaman dan era yang serba terbuka ini tidak ada sekat lagi termasuk dalam proses transformasi idiologi. Sehingga menjadi problem bagi bangsa kita soal wawasan kebangsaan yang sebetulnya belum selesai,” jelasnya.

Share.

Leave A Reply