Sapto Ingatkan Warga Jangan Hilangkan Adab Ketimuran

0

SAMARINDA – Anggota Komisi II DPRD Kaltim Sapto Setyo Pramono mengingatkan kepada masyarakat agar jangan menghilangkan adab ketimuran yang sudah mengakar selama ini.

Hal ini dikatakannya dikala melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan di Yens Delight Cafe, Jalan Juanda Samarinda, Minggu (18/12/2022).

Sapto mengatakan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejatinya telah melewati jalan yang panjang dan terjal. Disampaikannya, sebelum adanya kata merdeka terlebih dahulu bersatu padu menyamakan persepsi menyatukan empati.

Perilaku budaya ketimuran yang lebih mengutamakan adab sopan santun dalam mengejar kepentingan material, pun menjadi salah satu kunci lahirnya bangsa ini.

“Artinya dalam urusan yang berhubungan dengan materi selalu menjadikan ajaran agama sebagai saringannya. Tidak menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya. Intinya jangan pernah hilangkan adab ketimuran kita,” kata Sapto.

Dengan adab ketimuran lah yang menjadi cikal bakal kebhinekaan, keanekaragaman suku yang ada untuk sama-sama merasakan sejak penderitaan hingga terbentuknya satu bangsa.

“Rasa memiliki, kebersamaan, rasa saling merasakan itulah yang menjadikan satu, kita,” ucapnya.

“Kalau engga ada rasa, maka hambar ya tidak bisa. Makanya harus diingatkan terus semangat kebersamaannya ini,” timpalnya.

Ia mencontohkan seperti seorang pasangan apabila sudah tidak memiliki rasa maka akan susah untuk bersatu.

“Karena ketika telah mendapatkan rasa, maka dapat siap untuk tetap bersama sepanjang masa,” tukasnya.

Share.

Leave A Reply