Jawad Ingatkan Pentingnya Pengamalan Nilai-Nilai Konsensus Bernegara

0

SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim H Jawad Sirajuddin ingatkan masyarakat pentingnya pengamalan nilai-nilai empat konsensus dasar dalam bernegara.

Untuk diketahui, empat konsensus dasar tersebut antara lain Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika.

Menurutnya, di tengah perkembangan teknologi dan modernisasi zaman, implementasi nilai-nilai dari empat konsensus dasar ini sudah mulai tergerus.

“Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar negara harus kita bumikan dan pahamkan kembali di masyarakat. Sebab kondisi saat ini justru terlihat mulai luntur di setiap generasi,” kata Jawad disaat menyosialisasikan terkait wawasan kebangsaan di Desa Loa Lepu, Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara, Senin (28/11/2022).

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyebut dengan adanya sosialisasi wawasan kebangsaan tentu sebagai upaya untuk merevitalisasi penerapan nilai-nilai konsensus dasar di masyarakat.

Baginya sudah selayaknya dibangun kembali pemahaman soal kebangsaan untuk mempertebal, serta memperkuat semangat tersebut.

“Mereka harus sadar, membangun kecintaan terhadap negara Indonesia. Jangan tergerus dengan ideologi luar,” tuturnya.

Pengamalan empat konsensus ini pun kata dia, sudah sepatutnya dilakukan secara sistematis dari tingkatan pusat hingga daerah. Dengan harapan, bagaimana dasar negara dapat diimplementasikan dengan baik dalam bermasyarakat.

Sebagai informasi, kali ini Jawad tak sendiri melainkan turut menghadirkan dua narasumber yang handal dibidang ini diantaranya yakni Dr Jamil BS, dan Zulkifli Alkaf, dan dimoderatori oleh M Rayis Jawad.

Share.

Leave A Reply